Renungan Harian 20 Mei 2024

“Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku (19) untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

Lukas 4:18:19

Berita Tuhan Yesus melalui kotbah-Nya dari Kitab Yesaya menyatakan beberapa hal penting, yaitu: a) Seseorang hidup dan bisa menjalankan kehendak Allah hanya oleh pimpinan Roh Kudus. Hanya pengurapan Allah saja yang bisa membuat seseorang rela melakukan apa yang Allah inginkan; b) Tuhan Yesus justru dipanggil untuk melakukan hal yang paling tidak disukai manusia yaitu pekerjaan yang diaanggap hina. Allah yang begitu mulia dan tinggi, rela bukan melakukan pekerjaan yang terlihat hebat, tetapi justru menyampaikan kabar baik (Injil) kepada orang miskin, orang yang tidak diperhatikan dan dihina orang lain. c) Membebaskan mereka yang terbelenggu, dan khususnya yang terbelenggu dosa, memberi penglihatan bagi yang buta. membebaskan orang tertindas, suatu pekerjaan yang tidak dapat dilakukan sembarang orang jika Ia tidak memiliki kuasa yang sangat besar, bahkan kuasa supranatural.

Apa yang dinyatakan dari kitab Yesaya, menunjukkan bahwa Yesus adalah Allah, Sang Juruselamat, karena tidak ada hal lain yang bisa melakukan hal itu kecuali Allah sendiri. Bagaimana kita mengenal Kristus?

-ss-