Renungan Harian 25 Mei 2024

Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca kitab-kitab suci, dalam membangun dan dalam mengajar.

1Tim 4:12-13

Memberikan nasihat adalah lebih mudah dibandingkan memberikan teladan. Arti dari teladan adalah sesuatu yang patut ditiru atau baik (KBBI). Menjadi teladan adalah menjadi model, pola, gambar dan sesuatu seperti yang seharusnya.

Ketika Paulus meminta Timotius, anak rohaninya, untuk menjadi teladan bagi orang-orang percaya, pada saat yang sama Paulus sudah memberikan teladan kepada Timotius untuk diikuti. Paulus tidak hanya menasihati Timotius namun ia sendiri sudah menjadikan dirinya teladan seperti yang ia minta kepada anak rohaninya itu.

Paulus meminta Timotius untuk menjadi teladan dalam bertingkah laku, dalam kasih, dalam kesetiaan dan dalam kesucian. Dengan kata lain: “Jadilah teladan dalam keseluruhan hidupmu!” Di dalamnya termasuk untuk bertekun dalam membaca kitab-kitab suci, dalam membangun dan dalam mengajar.

Marilah sebagai anak-anak Tuhan, selain saling menasihati, kita pun berusaha keras menjadi teladan yang memancarkan terang, dalam tingkah laku, kasih, kesetiaan dan kesucian kita. Dan pada saat yang sama kita bertekun dalam belajar firman Tuhan, dalam membangun dan dalam mengajar sehingga kita dapat dipakai-Nya.

-Ing-