Renungan Harian 6 Juni 2024

Lalu masuklah raja Daud ke dalam, kemudian duduklah ia di hadapan TUHAN sambil berkata: “Siapakah aku ini, ya Tuhan ALLAH, dan siapakah keluargaku, sehingga Engkau membawa aku sampai sedemikian ini?

2 Samuel 7:18

Daud pada saat itu telah menjadi raja yang sangat dihormati oleh rakyatnya dan juga oleh bangsa-bangsa lain. Kemenangan demi kemenangan dari peperangan telah Daud dapatkan. Kekayaan, kemakmuran dan ketenteraman dalam negerinya juga telah di dapatkan. Bahkan rakyat memberikan puji-pujian yang sangat luar biasa kepada Daud. Tetapi lebih dari semuanya itu, Daud mengerti dengan jelas bahwa semua apa yang didapatkan tersebut adalah anugerah dari Tuhan semata. Dalam segala kemakmurannya, Daud tetap memiliki sikap yang tepat dan tidak menjadi tinggi hati.

Apa yang Daud lakukan ini mengingatkan kepada setiap kita untuk tetap memiliki sikap hati yang tepat di dalam Tuhan. Umat Tuhan seharusnya mengerti bahwa kita dicipta dan ditebus oleh Tuhan. sehingga tidak ada sedikitpun yang dapat membuat kita menjadi tinggi hati. Segala apa yang kita dapatkan adalah milik Tuhan dan jika kita diijinkan untuk dapat menikmatinya, itu adalah anugerah Tuhan yang harus kita gunakan untuk memuuliakan nama Tuhan semata.

-kri-