Renungan Harian 28 Juni 2024

“.., Tuhan menggerakan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan Firman yang diucapkan oleh Yeremia,…”

Ezra 1:1

Sebuah pukulan berat bagi umat pilihan Allah ketika mereka harus dibuang ke negeri asing. Kota yang menjadi kebanggaan mereka malah telah menjadi puing-puing. Janji Allah yang mereka dengar kemudian dilupakan dan tidak dihiraukan lagi. Dibuktikan dengan kenyataan bahwa tidak semua orang Israel ingin kembali untuk membangun kota yang runtuh itu.

Meskipun umat Allah tidak setia, Allah tetaplah Allah yang setia. Bahkan ketika anak-anak-Nya tidak lagi menganggap penting janji itu, Ia tetap menepatinya. Allah memilih Koresh untuk menggenapkan Janji-Nya. Bukan dengan perang apalagi dengan pemberontakan mereka mendapatkan kebebasan melainkan dengan cara Allah yang ajaib menggerakan hati.

Hidup kita di dunia ini tidak akan berarti jika kita percaya kepada Allah yang hanya berjanji dan tidak pernah menepatinya. Terbukti di sepanjang zaman bahwa Allah terus menepati Janji-Nya. Dengan berbagai cara dan melalui siapa saja, Allah menggenapkan kehendak-Nya. Ini adalah kekuatan bagi kita yang sedang hidup di zaman akhir. Pengharapan kita tidak sia-sia dan segala pergumulan kita diperhatikan oleh Allah. Di tengah berbagai pergumulan, kita tau bahwa janji Allah pasti digenapi.

-yr-