Renungan Harian 02 Agustus 2024

Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.

Mazmur 40:4   

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang sering kita gunakan. Sebagai makhluk sosial, umumnya kita berbicara dengan orang lain setiap harinya. Menurut beberapa riset, rata-rata seseorang dapat mengucapkan 16 ribu kata-kata dalam sehari. Kata-kata itu dapat berupa hal yang positif maupun negatif. Namun apakah kata-kata itu membawa berkat dalam keseharian kita?

Daud kemungkinan menuliskan bagian dari Mazmur ini ketika ia telah diselamatkan dari suatu kesukaran berat. Apa yang menjadi respons Daud kemudian? Secara natural, hidup Daud penuh dengan pujian. Mulutnya, tangannya, hatinya dipakai untuk memuji Tuhan. Dia bukan hanya mencatat tentang kebaikan Allah atas diri-Nya, tetapi ia pun menyaksikan imannya. Hal ini juga menyatakan kemenangan Kristus setelah mengalami penderitaan dan mati. Sukacita itu datang setelah penderitaan. Bahkan kemuliaan itu dinyatakan dengan hebat.

Saudara, setiap hari kita pasti mengalami problema. Namun, apa yang kita ucapkan? Apakah kita mengeluh kepada Tuhan? Atau ingatkah kita kepada Kristus yang terlebih dahulu menderita dan membawa kelegaan pada kita? Apakah mulut kita menyaksikan Tuhan bagi orang-orang di sekitar kita? Daud terus menaruh pengharapannya kepada Tuhan dan senantiasa memuji Tuhan yang dia imani. Bagaimana dengan kita?

-AA-