Renungan Harian 06 Agustus 2024

Lalu berkatalah Natan kepada Betsyeba, Ibu Salomo: “Tidakkah engkau mendengar, bahwa Adonia anak Hagit, telah menjadi raja, sedang tuan kita Daun tidak mengetahuinya.”

1 Raja-Raja 1:11   

Pada saat itu semua orang tampak tidak peduli. Daud telah menjadi tua, Adonia mencari keuntungan dengan kondisi Daud yang sudah semakin menurun tersebut, sementara Batsyeba, ibu Salomo, juga tidak menangkap adanya suatu bahaya jika tidak ada tindakan yang segera dilakukan. Hanya Nabi Natan yang memiliki kepekaan untuk melihat kondisi yang berbahaya tersebut dan dengan segera menyusun langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelamatkan Kerajaan Israel.

Kepekaan adalah hal yang penting yang harus dimiliki oleh seseorang dipakai oleh Tuhan. Sering dunia tidak memiliki kepekaan karena sudah terbiasa dengan segala kondisi yang buruk dan yang berdosa. Hanya orang yang memiliki hati yang murni akan memiliki kepekaan terhadap dosa dan terhadap kehendak Tuhan. Kita sebagai umat Tuhan seharusnya memiliki kepekaan tersebut, sehingga kita tidak turut dunia yang berdosa, sebaliknya dapat memberikan suara kenabian ditengah dunia yang berdosa.

-kri-