Renungan Harian 08 Agustus 2024

Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya:”Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”

Yohanes 20:25 (TB)    

Tomas adalah salah seorang dari keduabelas murid Tuhan Yesus. Tomas tidak percaya akan kebangkitan Tuhan Yesus sebelum dia melihat dengan mata kepalanya sendiri, meski murid-murid yang lain sudah memberi kesaksian. Tomas perlu melihat tanda (bukti) terlebih dahulu, baru percaya. Bersyukur setelah Tomas percaya akan kebangkitan Tuhan Yesus, dia melakukan pekabaran Injil sampai daerah Asia termasuk India. Tomas mati martir, ditikam dengan tombak dalam salah satu perjalanan misi untuk mendirikan gereja di India.

Sikap Tomas menjadi cerminan hidup kita yg seringkali menuntut tanda/bukti. Tuhan Yesus sudah katakan: “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya” (Yoh 20:29).

Kiranya kita sungguh-sungguh percaya dlm Tuhan Yesus yg mati dan bangkit, meski secara mata jasmani tidak melihat. Dan kita bertekun dlm iman, giat bersaksi, memberitakan Tuhan Yesus yang mati dan bangkit, supaya lebih banyak orang percaya kepada-Nya.

-Sri-