Renungan Harian 25 September 2024

“Sebab di dalam nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis : “orang benar akan hidup oleh iman. “

Roma 1:17

Hanya oleh iman kita menerima Injil Keselamatan yang adalah kekuatan Allah (16). Sebagaimana yang tercatat dalam Efesus 2: 8-9 bukan oleh usaha kita maupun pekerjaan tangan kita, melainkan hanya anugerah dari Allah yang kita terima melalui iman. Ketika kita merenungkan kebenaran ini, kita mendapati bahwa kita diselamatkan dari keangkuhan kita sendiri.

Bahkan menariknya, Injil Keselamatan yang Allah anugerahkan kepada kita juga memimpin kita terus – menerus beriman kepada Allah setiap harinya. Sanggup bergantung kepada Allah setiap harinya adalah juga anugerah dari Allah. Kebergantungan itu adalah kebergantungan yang bertumbuh bukan yang statis.

Keindahannya yang dapat kita amati dari orang-orang yang makin lama makin bergantung, justru makin lama makin menemukan banyak alasan untuk bersyukur, makin kurang berkeluh kesah. Sebaliknya, makin tidak mau dipimpin: makin mengandalkan diri, makin sulit melihat anugerah Tuhan, makin sulit bersyukur, makin gampang berkeluh kesah.

-sn-